RENCANA PELAKSANAAN PEMbELAJARAN
( R P P )
Mata
pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan
Kelas /
semester : V / 2
Pertemuan
ke : 1-2
Alokasi
waktu : 4 x 35 menit
Standar
Kompetensi :
9. Mengapresiasikan Karya Seni Rupa
Kompetensi Dasar :
9.1 Mengidentifikasikan jenis motif hias pada karya seni rupa
nusantara daerah setempat.
Indikator :
·
Menunjukkan
ciri-ciri kain batik.
·
Membandingkan
bahan-bahan kain batik.
·
Menyebutkan
bahan untuk membatik.
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah meneliti bahan batik diharapkan agar siswa mampu
menunjukkan ciri-ciri kain batik, membandingkan dan menyebutkan bahan batik
daerah setempat.
II. Materi Ajar :
§ Kain batik.
III. Metode Pembelajaran :
1. Pemberian tugas.
2. Tanya jawab.
A. Kegiatan Awal ( 40
menit )
§
Pretes
tentang : batik pada kain kasar, halus yang ada di daerah sendiri.
B. Kegiatan Inti ( 60
menit )
§
Guru
memberi penjelasan tentang motif dan kain untuk batik.
§
Siswa
memperhatikan, mencatat yang penting.
§
Siswa
menyebutkan ciri-ciri kain batik daerah setempat.
§
Guru
memberi tugas kelompok untuk membedakan batik dengan press.
§
Siswa
membedakan bahan kain batik pres dengan daerah setempat.
C. Kegiatan Akhir (
40 menit )
§
Membedakan
kaun batik kasar, halus dan daerah setempat.
1. Sumber Belajar
§
Buku SBK
kelas V.
2. Alat / media
§
Kain batik,
canthing, malam, wajan, dll.
1.
Tes lisan.
2.
Tes tulis.
Lembar Penilaian
Petunjuk tes :
1) Tunjukkan ciri-ciri kain batik !
2) Bandingkan kain batik mori dengan yang lain.
3) Sebutkan alat untuk membatik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar